Cara Trading Bitcoin Untuk Pemula 2021 dan Beli Aset Kripto di Tokocrypto


Bitcoin tembus 850.000.000 per koin. Kira-kira bisa terbang sampai harga berapa nih Bitcoin? dan gimana sih cara beli atau trading Bitcoin? Mari kita bahas! kita mau coba untuk bahas tentang aset crypto terutama Bitcoin nih yang sedang rame-ramenya karena harganya yang melesat luar biasa dalam beberapa bulan terakhir.

Terakhir, harga Bitcoin sempat menembus angka 850.000.000 dan sudah naik sekitar 200% lebih dari harga tertingginya pada tahun 2017 di angka 260.000.000 hanya dalam tiga bulan saja. Ini benar-benar luar biasa sih. Nah, kali ini kita akan coba analisis kira-kira Bitcoin bisa naik lagi sampai harga berapa? Apakah bisa tembus Rp1.000.000.000 per koinnya? Nanti kita lihat.

Dan nanti, saya akan share juga gimana sih caranya beli Bitcoin di Tokocrypto. Jadi, sebelum kita mulai jangan lupa untuk Subscribe, nyalakan lonceng notifikasinya agar channel trading ini dapat terus berkembang dan mengedukasi masyarakat Indonesia. Dan seperti biasa, saya ingin sampaikan disclaimer bahwa semua analisis yang dibahas di video ini bukan merupakan rekomendasi, melainkan untuk tujuan edukasi.

...

Artinya segala keputusan membeli, menjual keuntungan, maupun kerugian merupakan tanggung jawab masing-masing trader. Oke langsung aja kita analisis Bitcoin, here we go! Oke Smart Trader. Nah sekarang di depan layar kalian, ini sudah ada seperti biasa kita menganalisis di TradingView. Nah seperti biasa, saya mau menganalisis pergerakan Bitcoin ini di timeframe yang lebih besar biar kita mau lihat trennya seperti apa. Jadi saya pindahkan dulu ke monthly timeframe di sini, kemudian pastikan kalian pakai logaritmik, kalau ga kalian klik. Nah, di sini ga enak banget untuk dianalisis secara teknikal.

Jadi, kalian pastikan aktifkan logaritmik-nya. Nah, kemudian nanti akan seperti ini pergerakannya. Nah, sekarang yang mau kita lihat adalah saat ini Bitcoin itu terus mengalami kenaikan. Nah di sini, saya bisa menggambar sebuah Bullish Channel. Di sini saya akan gambar Bullish Channel. Jadi saya akan cari titik yang terluar. Kemudian saya akan tempatkan seperti ini. Nah, di sini saya akan adjust sedikit.

Oke kurang lebih seperti ini kalian bisa lihat di sini ada Bullish Channel dan harga Bitcoin ini secara konsisten bergerak di dalam Bullish Channel-nya. Jadi kalau kalian lihat di sini ada beberapa pantulan persis di Lower Channel-nya dan di Upper Channel-nya. Jadi di sini saya akan kasih tanda.

Nah, kurang lebih seperti ini

dan kalau misalkan harganya sekarang masih bergerak di dalam Bullish Channel berarti kemungkinan besar harga Bitcoin ini dalam timeframe yang panjangnya akan menyentuh Upper Channel yang ada di atas ini. Jadi itu sebenarnya bisa kita jadikan sebagai target juga bahwa Bitcoin akan punya peluang untuk menyentuh Upper Channel yang ada di atas sini. Oke, nah sekarang akan coba lihat lagi ketika harga Bitcoin ini mencapai harga tertingginya di November 2013. Kita lihat di sini oke.

Nah, ketika dia breakout di sini, di sekitar Januari 2017, harga sahamnya kemudian mencatatkan rekor tertinggi atau All Time High kemudian langsung naik secara sangat signifikan. Oke, nah sekarang kita akan melihat kenaikannya ini kurang lebih berapa persen dari ketika dia breakout harga tertingginya.

Di sini kalau kita lihat harga tertingginya sekitar 14.000.000 per koinnya, kemudian ketika dia breakout, di sini akan coba kita ukur ketika dia breakout mencapai level tertingginya ini sekitar 1800% kenaikannya dari angka Rp14.000.000 sampai kurang lebih waktu itu Rp260.000.000. Dan kalau kita lihat di sini kita perhatikan, dalam waktu berapa lama sih sebenarnya dia naik dari breakout resistance-nya dia dari angka 14.000.000 sampai 260.000.000.

...

Di sini kalau kita lihat, di sini dia hanya memerlukan kurang lebih 50 bar atau 350 hari penguatannya hingga mencapai titik Upper Band-nya di atas 1800%. Jadi hanya dalam waktu satu tahun aja kurang lebih harga Bitcoin ini bisa naik 1800% ketika dia breakout. Nah, sekarang kita lihat lagi ketika dia mencapai harga tertingginya di Desember 2017 kemudian dia koreksi lagi, sekarang kita bisa tarik juga horizontal line dari harga tertingginya di 2017.

Baca Juga  Cepet cek nomor KTP anda apa termasuk penerima bantuan PKH, BNPT dan BST cukup dilakukan dari HP mudah kok.

Nah, sekarang kalau kita lihat, harga Bitcoin ini baru saja breakout di akhir tahun 2020 di sekitar 23 November. Dan di sini kita lihat penguatannya sampai saat ini dari akhir tahun 2020 sampai sekarang ini kurang lebih udah hampir 200% dari harga 260.000.000, sekarang harga tertingginya terakhir adalah Rp850.000.000 dan apakah ini masih bisa naik? Jadi kalau kita melihat analisis di jangka waktu yang atau timeframe yang lebih panjang, kalau saya lihat sendiri Ini masih ada peluang untuk bisa naik sampai mencapai Upper Band-nya di atas.

Dan ini baru permulaan awal breakout.

Nah yang harus kita perhatikan ketika dia breakout, dia ketika mengalami kenaikan, dia juga selalu ada yang namanya koreksi. Nah di sini kalian perlu perhatikan ya di sini ada koreksi, kemudian naik lagi ke atas, kemudian ada koreksi lagi, kemudian naik lagi ke atas.

Nah, seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya di Kelas Trading SKS bahwa setiap kenaikan atau setiap bullish trend itu marketnya bergerak seperti tangga. Jadi naik turun juga. Ada turunnya, tapi turunnya itu hanya sekedar koreksi yang wajar. Jadi kalau kalian perhatikan di sini, ketika dia koreksi ini dia bisa koreksi sampai kurang lebih 39%, kemudian ketika dia koreksi lagi, dia bisa koreksi lagi sampai kurang lebih -40% dari harga tertingginya.

Jadi, di market crypto ini atau khususnya di Bitcoin ini, itu bisa kita bilang juga High Risk High Return karena ketika dia naik, dia bisa naik dalam jumlah yang besar, ketika dia koreksi pun bisa dalam jumlah yang besar. Tapi, kalau kita mau fokus untuk melihat tren secara jangka panjangnya, ini merupakan koreksi yang wajar. Justru di situ ada kesempatan kita untuk membeli kembali atau average up posisi kita ketika dia koreksi.

Nah kalau kita perhatikan di kondisi yang saat ini, kalau kita belajar yang namanya Technical Analysis, ada sebuah prinsip yaitu history repeat itself artinya data historikal yang sebelumnya di sini itu ada kemungkinan akan menjadi cerminan pergerakan di masa yang akan datang atau di futures-nya seperti apa. Nah, sekarang kita akan coba lihat kalau misalkan ketika dia breakout itu penguatannya kurang lebih sama sekitar 50 bar atau 350 hari dan di sini saya akan coba untuk naikkan ke atas Upper Channel-nya di sini. Nah, jadi ini mungkin bisa dibilang adalah very optimistic scenario-nya seperti apa dan ketika dia naik, di sini dia bisa mencapai angka kurang lebih 3.800.000.000, satu Bitcoin-nya. Harga satu Bitcoin ini bisa mencapai 3.800.000 kurang lebih timeframe-nya sekitar satu tahun.

Dan ini masih permulaan karena baru sekitar 3 bulan. Dan kalau kita mau melihat proyeksinya kita bisa gunakan Bars Pattern di sini. Kita mau copy candlestick-nya di sini dan kita coba untuk tempatkan di sebelah sini. Jadi kurang lebih seperti ini pergerakannya. Pasti nanti di tengah jalan pun ada yang namanya koreksi, tapi kalau kita mau fokus ke jangka panjangnya, kita bisa melihat bahwa itu hanyalah koreksi sebelum pada akhirnya tren tersebut patah. Jadi ini adalah very optimistic scenario-nya dia bisa naik hingga ke Upper Band yang ada di atas sini sebelum nantinya marketnya akan transisi dan ciri-cirinya salah satunya penurunan yang sangat signifikan dengan volume yang tinggi.

Baca Juga  Untuk Pemula, Cara Mudah Investasi panen Cuan

...

Jadi walaupun kita tahu nih misalkan harga Bitcoin ini akan mencapai 3.800.000.000 dalam kurang lebih satu tahun atau which is sampai the end of 2021, tapi tetap kita akan pantau apabila tiba-tiba ada indikasi yang kurang baik dari Bitcoin itu sendiri. Kita bisa langsung take profit dan kita tunggu siklusnya mulai bagus kembali untuk Bitcoin sendiri. Nah, sekarang buat kalian yang mungkin penasaran gimana sih caranya beli Bitcoin itu? Nah, saya menggunakan Tokocrypto sebagai digital exchange untuk melakukan transaksi jual-beli aset crypto, khususnya Bitcoin.

Nah, di sini kalian bisa ke www.tokocrypto.com dan ini adalah halaman websitenya Tokocrypto. Nah, kalau kalian belum punya account, kalian bisa daftar terlebih dahulu, kemudian kalian bisa melakukan verifikasi KYC1, kemudian nanti setelah kalian verified account-nya, kalian bisa langsung melakukan transaksi jual-beli aset crypto. Nah, buat kalian yang belum punya account, kalian bisa daftar menggunakan link kode refferal saya di kolom deskripsi di bawah dan kalian bisa mendapatkan 20% komisi dari fee transaksi yang kalian tradingkan. Nah selain di desktop juga, Tokocrypto juga ada di Playstore dan juga di Appstore dan aplikasinya itu sangat easy-to-use.

Jadi kalau kalian lagi berpergian,

kalian enggak lagi di depan laptop, kalian bisa gunakan aplikasinya untuk melakukan trading aset crypto. Nah, sekarang gimana caranya kita membeli Bitcoin? Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan deposit ke dalam account Tokocrypto kalian. Jadi kalau kalian menggunakan website, di sini ada wallet, kemudian kalian bisa deposit di sini. Nah, kemudian kalian tinggal klik IDR yang ada di sini.

Kemudian di sini kalian tinggal klik Destination fund. Di sini ada bank Mandiri, kemudian kalian tinggal ikutin saja instruksinya dan kalian bisa langsung transfer ke nomor rekening yang tersedia. Nah, deposit minimnya ini cuma Rp50.000 jadi sangat kecil sekali kalau kalian mau beli Bitcoin. Nah kemudian setelah kalian melakukan deposit, kalian bisa kembali lagi di sini ada market, kemudian di sini ada pilihannya.

Kalian mau melakukan transaksi koin atau token apa. Nah, di sini saya akan kasih contoh apabila kalian ingin melakukan transaksi Bitcoin. Jadi di sini ada Bitcoin BTC/BIDR, kalian bisa klik. Nah, nanti uang Rupiah yang kalian depositkan, nah itu satuan koinnya adalah BIDR. Nah, ini adalah tampilan marketplace-nya. Kalau kalian lihat di sini, nah di sebelah kiri ini di sini ada bid dan offer seperti di saham kalau kalian lihat.

...

Jadi ini ada harga-harga yang lagi running dan di sebelah kanan di sini, itu ada trade history jadi ada transaksi yang match, kalian bisa lihat di sini. Nah sekarang kalian bisa perhatikan yang ada di atas sini. Nah di sini ada beberapa koin atau token yang bisa kalian perdagangkan menggunakan BIDR atau menggunakan Rupiah.

Jadi ada kurang lebih di sini 8 pair yang bisa kalian perdagangkan termasuk di sini ada juga Bitcoin, Etherium, BNB dan yang lainnya. Tapi kalau kalian mau trading di koin-koin yang market kapitalisasinya lebih rendah daripada koin-koin yang ada di sini, itu kalian bisa trading menggunakan USDT. Jadi USDT ini adalah US Dollar Tether, jadi satuan untuk US Dollar untuk transaksi koin-koin yang lebih banyak. Nah di sini kalau kalian lihat, banyak sekali pilihannya.

Silakan kalian pilih kira-kira kalian analisis, kalian bisa analisis kira-kira koin mana yang bisa memberikan kalian peluang. Yang pasti saya mengingatkan lagi bahwa cryptocurrency ini adalah High Risk High Return, jauh lebih tinggi resikonya, tapi jauh juga lebih tinggi returnnya daripada saham. Jadi kalian wajib untuk mengatur money management-nya seperti apa dan kalian bisa menggunakan teknik analisis teknikal juga yang sudah saya share di Kelas Trading SKS. Nanti kalian bisa lihat videonya kalian pelajari dan kalian praktekkan di market crypto.

Nah kalau kalian mau trading koin-koin dengan USDT, kalian bisa convert terlebih dahulu BIDR kalian dengan USDT. Jadi kalian tinggal klik di sini USDT/BIDR, nanti kalian tinggal convert di sebelah sini. Nah, sekarang kita akan mencoba untuk bagaimana caranya kita mau membeli Bitcoin. Nah, sekarang di sini kita mau ke BTC/BIDR, kalian tinggal klik yang ada di sini. Nah, di sini kalau misalkan kita mau membeli Bitcoin, di sini ada tiga jenis transaksi yang bisa kalian gunakan. Nah, limit price ini adalah kalau misalkan kalian mau membeli Bitcoin di harga yang lebih rendah daripada harga yang sekarang sedang running.

Baca Juga  Ini Yang disembunyikan Bank tentang Kartu Kredit Yang Macet Itu Akan Di Ganti Oleh Asuransi

Contohnya di sini harga sekarang di sekitar Rp800.000.000, tapi kalau kalian mau belinya di Rp.750.000.000 dan kalian mau antri di harga tersebut, nah kalian bisa pakai limit price dan kemudian kalian di sini tinggal pricenya kalian isi Rp750.000.000, kemudian di sini amount-nya kalian tinggal isi aja kalian mau berapa persen. Di sini misalkan saya ingin membeli sejumlah 50%. Nah ini 50% saya Rp23.000 karena kebanyakan saldo saya ada di USDT. Nah di sini kalian tinggal klik aja buy BTC, kemudian nanti di bawah sini ada Open Orders.

Nah, di sini ada orderan kalian yang antri di harga Rp750.000.000. Nah, kalau misalkan kalian mau cancel, kalian tinggal klik cancel di sini. Nah kemudian, kalau kalian mau langsung membeli di harga sekarang. Jadi kalian gak mau nunggu, istilahnya kalo di saham tinggal hajar kanan aja, kalian bisa langsung pakai Market price di sini, kemudian kalian tinggal diisi aja nih berapa persen dari uang kalian atau kalian mau isi manual bisa.

...

Misalkan Rp20.000 di sini, kemudian kalian tinggal klik buy BTC. Nah, nanti sukses, kalian sudah membeli dan kalian sudah punya Bitcoin-nya seharga Rp20.000. Nah, di bawah sini ada informasinya buy BTC sudah sukses dan statusnya sudah field. Jadi sekarang kalian punya kurang lebih sekitar Rp20.000. Nah kemudian yang terakhir di sini ada stop limit. Jadi kalau stop limit di sini kalau misalkan kalian mau membeli di atas harga yang sekarang.

Misalkan kalian mau buy on breakout.

Jadi, misalkan harga saat ini Rp800.000.000 dan kalian mau membeli Bitcoin itu di harga Rp850.000.000. Kalian tinggal klik disini stop-nya di Rp850.000.000, kemudian limit price-nya juga di Rp850.000.000. Kemudian di sini amount-nya kalian tinggal isi misalkan 100%. Kemudian kalian tinggal buy di sini.

Kemudian di sini kalian tinggal confirm dan di sini langsung ada Open orders-nya Rp850.000.000. Jadi kalau dia naik ke Rp850.000.000, orderan kalian bisa net nantinya. Nah di bulan Februari ini, Tokocrypto ada event namanya trading Freebuary. Kalian bisa lihat di sini. Kalian bisa klik trading Freebuary. Nah kemudian di sini ada artikel, kalian bisa ganti menggunakan bahasa Indonesia biar lebih mudah. Ada 0% biaya maker, ada biaya transfer crypto dan program-program menarik lainnya.

Jadi make sure kalian daftar Tokocrypto ini sebelum akhir bulan Februari karena kalian bisa mendapatkan promo Freebuary dari Tokocrypto. Kalian bisa baca semuanya di sini dan selamat trading aset crypto. Nah, itu tadi kita sudah melihat bagaimana proyeksi harga Bitcoin ke depannya. Sekali lagi untuk mengingatkan bahwa proyeksi saya bisa salah dan saya pun selalu pantau pergerakan harganya. Apabila Bullish Trend telah selesai, kita bisa take profit.

About admin

Check Also

Cara Deposit dan menarik uang dari Trading Binance Cryptocurancy

Halo para trader dan investor, kali ini saya akan berbagi sedikit tentang cara menyetor dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *